Ingin Lolos menjadi Akpol, Ini Hal Penting Perlu Dipersiapkan Saat Seleksi

 Ingin Lolos menjadi Akpol, Ini Hal Penting Perlu Dipersiapkan Saat Seleksi


Banyak orang yang dambakan untuk dapat memasuki Akademi Kepolisian (Akpol). Namun, tak sedikit pula yang gugur dan wajib lagi di tahun-tahun berikutnya.


Seorang Taruna Akpol berprestasi mengutarakan kunci keberhasilannya. Baginya, tersedia sejumlah item-item spesifik yang sebaiknya menjadi prioritas utama.


Lantas, apa sebenarnya yang wajib diperhatikan bagi calon taruna untuk dapat lolos seleksi? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, dilansir kanal YouTube Siap Team, Senin (6/6/22).


Ungkap Tahapan Seleksi Akpol Tahapan Setelah Lulus Ujian CPNS sampai Direkrut Jadi PNS

Reynaldi Mikha T Saragih membagikan sejumlah rahasia bagi calon taruna Akpol. Sebelum pada akhirnya dapat menjadi seorang taruna, tiap tiap orang diwajibkan secara spesifik untuk ikuti seleksi.


BACA JUGA:

Kasus Penganiayaan 'Anak Kombes', Polisi Sita CCTV di Kawasan PTIK

Kasus 'Anak Kombes' Aniaya Calon Taruna Akpol, Polisi: Emosi Anak Kecil Belum Stabil

Siswa taruna Akpol 56 Presis I ini pun mengutarakan proses seleksi yang wajib diikuti para calon taruna. Salah satunya yakni seleksi akademik.


Pada tahapan ini, tiap tiap calon siswa diharuskan dapat menjawab berbagai soal yang menyangkut perihal akademik. Matematika misalnya, hasil berasal dari seleksi tahapan ini dapat menyumbang nilai bersama bobot 40 persen Ingin Jadi PNS Tahun Ini? Simak Tipsnya Supaya Lolos Tes CPNS! .


"Bagi saya, item-item yang wajib ditekankan didalam penerimaan seleksi Akademi Kepolisian itu tahapan seleksi akademik yang punya nilai kira-kira 40%," ujarnya.


Dua Hal yang Tak Kalah Penting

Selain tes akademik, tiap tiap calon siswa taruna wajib selesaikan tahapan tes psikologi. Lain halnya bersama tes akademik, tes psikologi punya bobot nilai sampai 35 persen.


"Yang kedua itu psikologi, itu punya bobot 35%," ungkapnya.


Sementara itu, tiap tiap calon siswa taruna Akpol terhitung wajib ikuti tahapan seleksi yang terakhir. Dengan bobot sampai 25 persen, seorang calon siswa pun wajib menempuh tes kesamaptaan jasmani.


BACA JUGA: les kedinasan

Taruna Akpol Bertemu Kakeknya Eks Kapolri di Puncak HUT Bhayangkara, Ini Potretnya

Sering Dibully 'Tulang Lunak', Buktikan Jadi Gagah & Terpilih Putra Taruna Nusantara

Beberapa hal di didalam tes kesamaptaan jasmani berikut ialah seperti berlari, push up, shuttle run, sit up, dan lain sebagainya yang dikerjakan didalam jangka sementara tertentu.


"Terakhir itu tersedia kesamaptaan jasmani yang punya bobot 25%," terangnya.


Item yang Perlu Ditekankan

Kendati wajib melalui tiga tahapan tes, tersedia sejumlah hal yang lebih utama bagi Reynaldi. Menurutnya, memaksimalkan skor terhadap tes akademik dapat lebih menopang para calon siswa untuk dapat raih nilai tinggi.


Hal itu pun terbukti bersama dirinya yang dapat raih nilai 100 terhadap subjek matematika. Nilai prima terhadap subjek berikut dapat mengantarkan Reynaldi menjadi sosok taruna Akpol.


"Kita tahu sendiri bahwa nilai akademik itu membawa porsi yang paling besar supaya kita wajib meningkatkan latihan di langkah ini. Mengapa? Karena akademik punya porsi yang paling besar," jelasnya.


Namun, hal itu bukan hanyalah mengharuskan tiap tiap calon siswa cuma mempelajari bidang akademik saja. Bobot 35 % serta 25 % terhadap tes psikologi dan kesamaptaan jasmani terhitung bukan nilai yang kecil untuk turut diperjuangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Praktis: Memilih Bengkel Mobil Matic yang Tepat untuk Perawatan Terbaik

Formula 1: Livery Baru Williams Bakal Diluncurkan terhadap 6 Februari 2023